Ad 468 X 60

Jumat, 22 Maret 2013

PENGANTAR ORGANISASI

A. Manusia dan Kebutuhan Organisasi
Manusia adalah makhluk sosial (zoon politicon) yang mempunyai reaksi dan naluri serta hasrat untuk melakukan suatu usaha dalam pencapaian tujuan dan cita-cita hidupu,n tuk mencapai dan mewujudkan maka manusia membutuhkan suatu kerjasama dengan sesama makhluk hidup.
Manusia tidak akan hidup tanpa ada saling ketergantungan atau suatu kerjasama, sebagai contoh manusia sejak dilahirkan ia langsung masuk pada suatu aturan-aturan organisasi (ketergantungan terhadap orang tua) yang pasti dan mutlak keberadaannya.
Pada kenyataannyadal am ajaran agama islam telah disebutkan:
"Berpegang teguhlah kamu sekalian pada tali agama Allah dan janganlah bercerai-berai" (QS. Al-Imran : 103)
"Dan hendaklah ada diantara kamu segolongan umat yang menyeru kepaday ang ma'ruf dan mencegah dari yang mungkardan  mereka itulah orang-orang yang beruntung" (QS. Al-Imran :104)
"Barang siapa yang tidak terorganisir akan dihancurkan oleh kejahatan yang terorganisir."
 
B. Pengertian Organisasi
Organisasi ditinjau dari etimologi: organ adalah bagian, rangka, sendi-sendi, elemen. Sedangkan Nisasi adalah proses, sistema, turan, dan teratur. Jadi organisasi adalah susunan atau aturan dari berbagai bagian organ sehingga merupakan suatu kesatuan yang teratur. Para ahli telah membuat beberapa batasan tentang organisasi antara lain: Terry; Organisasi berati mengalokasikan seluruh pekerjaan yang harus dilakukan antara kelompok kerja dan  mnetapkan wewenang aktif serta serta tanggung jawab untuk setiap komponen kerja dan menjadikan lingkungan kerja yang tepat dan sesuai. Chesteri Bernard; Organisasi adalah suatu sistem kegiatan-kegiatan kerjasama yang dikoordinasikan dengan sadar. James D. Money; Organisasi adalah bentuk  persyarikatan untuk mencapai tujuan bersama.

C. Prinsip Organisasi
Suatu organisasi dikatakan baik bilamana organisasi tersebut memiliki beberapa prinsip-prinsipd an konsep organisasi anatara lain: (1), Mempunyak maksud dan tujuan yang jelas. (2), Memiliki azaz yang tegas. (3), Terdapat jenjang kepemimpinan dan sistem kepemimpinan yang layak. (4), Mmiliki kesatuan printaeh dan pembagiantugas , wewenang dan pertanggungjawaban yang jelas (span of contol). (5),Terdapat pengendalian kepemimpinan dan pelimpahan kekuasaan (delegasi kekuasaan yang tepaat). (6), Mempunyai keseimbangan antara beban tugas tetap anggota dengan fungsi-fungsi pimpinan. (7), Mempunyai kekuasaan dan fleksibilitas cara pelaksanaan berbagai kegiatan. 

D. Kaidah Organisasi 
Nilai atau kaidah dasar suatu landasan organisasi untuk melakukan sesuatu kegiatan/aktifitas haruslah tertata pada suatu aturan dan norma-norma organsasi. Kaidahataua  turan-aturan tersebut adalah:
  1. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga; merupakan suatu kaidah dalam organisasi yang sangat penting, bilamana hal ini tidak terdapat dalam suatu organisasi maka organisasi tersebut tidak mempunyai kekuatan hukum (ilegal)
  2. Ketetapan-ketetapan lain; dalam suatu organisasi adalah merupakan suatu penjabaran dan pendukung terhadap aturan yang telah diatur dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga biasanya diambil pada saat musyawarah dan rapat-rapat pimpinan/pengurus. Khusus diinternal Humaniera telah ditetapkan beberapa pedoman-pedoman sebagai ketetapantur unandariad  /ART Humaniera. Pedoman yang dimaksud seperti; GBHO/GBPK, PPUH (Pedoman Pengelolaan Keuangan Humaniera), PLUH (Pedoman Pelaporan Keuangan Humaniera), PRLUH (Pedoman Pemeriksaan Laporan Keuangan Humaniera), PAPH (Pedoman Administrasi Persuratan Humaniera), SPH, KKBSO (Kaidah Khusus BSO Humaniera)
  3. Unsur-unsur organisasi terdiri dari:
  • Dasar; dari suatu organisasi adalah merupakan landasan dalam menentukan sikap, pendirian suatu organisasi yang terdiri dari
  1. Dasar Wahyu-Kaidah aturan dari Allah dan mutlak kebenarannya.
  2. Dasar Ro'yu- Aturan-aturan yang lahir dari pemikiran  manusia, dan tidak mutlak nilai kebenarannya.
  • Tujuan; Eksistensi sebuah organisasi dibenarkan oleh adanya tujuan,tu juan tersebut dapat dicapai melalui berbagai kegiatan-kegiatan atau program dan juga berfungsi sebagaibar ometer terhadap keberhasilan suatu organisasi.
  • Pimpinan/Pengurus; DAlam suatu organisasi pemimpin merupakan pemberi tanggung jawab dan kepercayaan untuk menjalankan suatu organisasi. Adapun macam-macam kepemimpinan adalah: Pengurus, Ketua, Komandan, Kepala/Direktur, dll.
  • Anggota; dalam suatu organisasi adalah mereka yang mengerti arah dan tujuan serta maksud organisasi dan siap untuk menaati aturan-aturan kaidah organisasi.
  • Kejasama; merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan dan bilamana kerjasama tidak dapat dijalankan maka sulit akan mencapai hasil/tujuan yang dikehendaki.
E. Struktur Organisasi  
Menurut Max Weber seorang tokoh pendiri aliran strukturalis, struktur adalah masalahpe mbagian, distribusi kekuasaan, jabatan antara posisi dalam suatu organisasi dan ini merupakan elemen-elemen formal organisasi.
Struktur Organisasi dapat digolongkan sebagai berikut:
  1. Struktur yang berhubungan garis komando/perintah, pada struktur ini mempunyai garis komando: a) Humaniera. b) Badan Semi otonom. Ciri-ciri struktur inia dalahpelimp ahan suatu kegiatan atau program yg mempunyai jenjnag dan tahapan sesuai dengan tingkatan pemimpinnya.
  2. Tata kerja, susunan struktur organisasi mempunyai kekuatan pembagian tata kerja: a) Ketua Umum dan Ketua-ketua. b)Sekretaris Umum dan Sekretaris-sekretaris. c) Bendahara dan wakil-wakilnya. d) Departemen. e) Badan Semi Otono. Salah satu contoh adalah diibaratkan manusia adalah sebuah organisasi, maka kita dapat melihat tata kerja yang lengkap yaitu: Kepadal sebagai ketua, tangan sebagai sekretaris, perut sebagai bendahara, kaki sebagai seksi-seksi.

Sebuah organisasi dapat menjadi besar dan senantiasa dinamis terutama disebabkan oleh kultur organisasi yang menghidupkan organisasi tersebut. Demikian halnya konflik, baik internal maupun eksternal, akan dapat membuat organisasi dinamis jika para pemimpinnya mampu mengelola konflik tersebut dengan baik.

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati

0 komentar: